Solusi Slide Presentasi Powerpoint Berantakan

Solusi Slide Powerpoint Berantakan
 
Assalaamu'alaikum - Kerapian tampilan slide presentasi merupakan hal yang sangat penting. Karena dengan hal itu, pesan yang ingin disampaikan dapat diserap baik oleh audience. Namun apa jadinya jika slide presentasi berantakan? Padahal slide tersebut sebelumnya sudah rapi dan sempurna. Tentu hal ini akan mengurangi mood audience dalam menyimak presentasi Anda. Untuk itu, saya akan berbagi tentang solusi slide presentasi powerpoint berantakan.

Berdasarkan pengalaman pribadi, ada 3 solusi slide presentasi powerpoint berantakan. Langsung saja cekidot!

1. Versi Powerpoint
Ketika Anda membuat slide dengan software versi terbaru lalu menyimpannya dan kemudian saat presentasi Anda menjalankannya pada software dengan versi yang lebih rendah, kemungkinan slide tersebut akan menjadi berantakan. Contoh: Jika Anda membuat slide pada Powerpoint 2010 dan saat presentasi Anda menggunakan Powerpoint 2007, kemungkinan slide akan menjadi berantakan.

Lalu bagaimana solusinya? Mudah sebenarnya, Anda hanya tinggal mengubah format penyimpanan menjadi versi yang lebih rendah. Caranya menuju File > Save As > Pada bagian Save as type: > Pilih PowerPoint 97-2003 Presentation (*.ppt) > Save.
 
Menyimpan file powerpoint

Untuk penyimpanan seperti ini tidak semua dapat sesuai dengan aslinya. Misalnya animasi dan transisi, tidak semua sesuai dengan aslinya. Animasi dan transisi akan disesuaikan dengan kompabilitas penyimpanan PowerPoint 97-2003.

2. Font Unik/Menarik
Font yang menarik memang diperlukan dalam presentasi. Maksud font unik/menarik disini ialah font yang di-install sendiri, bukan font yang ada secara default dikomputer. Contohnya saja font Fifties Movies (sudah teristall sebelumnya). Jika Anda memakai font seperti ini lalu pada saat presentasi, komputer yang Anda gunakan belum teristall font Fifties Movies, maka nanti font yang tampil adalah font default komputer tersebut (contoh: Calibri).
 
Font unik/menarik
  
Lalu bagaimana solusinya? Ada 2 cara untuk mengatasi hal ini. Cara pertama, install font Fifties Movies (berformat: .ttf) pada komputer yang digunakan saat presentasi.

Jika cara pertama dirasa kurang memungkinkan, Anda bisa melakukan cara kedua. Ubah tulisan pada slide menjadi gambar. Caranya: Block tulisan > Copy > Paste > Pada Paste Options > Pilih Picture. Atau menggunakan shortcut: Block tulisan > Ctrl+C > Ctrl+V > Ctrl > U.
 
Paste menjadi gambar

Catatan:
1. Font Fifties Movies hanya sebagai contoh,
2. Sebelum melakukannya, pastikan bahwa tulisan sudah benar karena nantinya tidak bisa diedit lagi,
3. Sebaiknya gunakan cara ini sebelum Anda menambahkan Animasi pada slide.

3. Slide menjadi gambar
Pada solusi yang ketiga ini, slide akan diubah menjadi gambar. Mengapa demikian? Ada beberapa alasan yang memungkinkan Anda melakukan ini. Diantaranya:
1. Presentasi simple dan tidak ada Animasi pada objeknya,
2. Terlalu banyak font unik pada slide,
3. Menginginkan slide yang hanya bisa dilihat tanpa bisa diedit,
4. Gambar nantinya akan digunakan untuk keperluan lain.

Cara mengubah slide menjadi gambar ialah sbb: File > Save As > Pada Save as type: > Pilih PowerPoint Picture Presentation (*.pptx) > Save.

Penyimpanan file
 
Nanti hasilnya ialah slide, namun keseluruhannya dalam bentuk gambar.
 
Kira-kira seperti itulah solusi slide presentasi powerpoint berantakan ala siyusuf. Semoga dapat bermanfaat. - Wassalaamu'alaikum

4 comments