Fungsi Trigger di Powerpoint

Fungsi Trigger di Powerpoint

Assalaamu'alaikum - Pada bagian Advanced Animation yang ada di tab Animations kita melihat ada tombol Trigger. Namun tahukah kalian apa fungsi Trigger sebenarnya? Sesuai judul postingan ini yaitu Fungsi Trigger di Powerpoint, dipostingan kali ini ane akan berbagi sedikit tentang fungsi trigger di powerpoint.

Trigger berfungsi untuk menjalankan animasi suatu objek dalam slide saat meng-klik objek yang lainnya. Bisa dimengerti? Mudahnya begini, saat kita klik suatu objek maka objek lain baru akan menjalankan animasinya. Namun jika tidak diklik, maka animasi tersebut tidak akan berjalan.

Sebagai contoh, kita akan membuat slide yang berisi soal cerdas cermat. Didalam slide tersebut terdapat beberapa objek, diantaranya yaitu tombol SOAL dan tombol JAWAB. Tombol SOAL digunakan untuk menampilkan soal sedangkan tombol JAWAB digunakan untuk menampilkan jawaban. Langkahnya sebagai berikut:

1. Buat desain slide
Buat sesuai kebutuhan, pada slide ini semua objek menggunakan shape biasa dan juga textbox.

Slide Lomba Cerdas Cermat

2. Atur animasi pada objek
Berikan animasi yang nantinya akan tampil jika diklik. Pada slide ini objek yang bertuliskan "Berat kotor dari suatu benda disebut ?" diberi animasi Entrance yaitu Fade.

Menambahkan Animasi Masuk di Powerpoint

3. Masuk ke menu Trigger
Setelah animasi diatur, pada bagian Animation Pane disamping (jika tidak ada, klik tombol Animation Pane di Tab Animations) klik tombol panah bawah pada animasi tadi lalu pilih Timing.
Mengatur Timing di Powerpoint
4. Atur Trigger pada objek
Pada Timing terdapat tombol Triggers, klik tombol tersebut. Setelah itu klik pada bulatan Start effect on click of:. Terakhir, pilih objek yang akan digunakan untuk menampilkan animasi tersebut. Dalam hal ini ialah tulisan SOAL.

Mengatur Trigger di Powerpoint

5. Lakukan hal yang sama pada objek lain
Satu lagi objek yang perlu diatur adalah kotak jawaban, yang nantinya akan muncul saat meng-klik tombol JAWAB Caranya sama seperti diatas.

Untuk hasilnya bisa dilihat dibawah ini:
Sekian postingan Fungsi Trigger di Powerpoint. Mudah dan menyenangkan bukan? Coba saja buat slidemu sendiri. Semoga bermanfaat. - Wassalaamu'alaikum

0 comments