Mempercantik Tampilan Slide Powerpoint dengan Gambar Vector

Mempercantik Tampilan Slide Powerpoint dengan Gambar Vector

Mempercantik Tampilan Slide Powerpoint dengan Gambar Vector - Slide adalah senjata pamungkas yang dimiliki oleh seorang presenter dalam membawakan materinya. So, tampilan slide yang menarik dan mudah dipahami adalah hal mutlak yang harus ada jika ingin presentasi itu sukses. Berbagai tips dan trik pun digunakan demi menampilkan slide yang "eye catching".

Salah satu cara yang SANGAT PATUT DICOBA yaitu dengan menambahkan gambar vector ke dalam slide powerpoint. Sedikit bercerita, postingan ini adalah postingan PERTAMA DI INDONESIA yang membahas tentang mempercantik slide dengan gambar vector. Masa sih? Saya pernah mencarinya di Mbah Google Indonesia, tapi hasil pencariannya bukan yang saya maksud. Mau coba sendiri? Silahkan saja, hehehe...

Lihat juga: Cara Termudah Untuk Bikin Video Hanya Pakai Powerpoint

Apa itu gambar vector?

Sebelum mempercantik slide, yuk kita kenali lebih dulu apa itu gambar vector. Jenis gambar digital dalam dunia design itu ada 2, bitmap dan vector. Sedikit perbedaannya, bitmap yaitu gambar yang jika diperbesar gambarnya akan pecah sedangkan gambar vector jika diperbesar sebesar apapun tidak akan pecah gambarnya. Salah satu contoh aplikasi untuk gambar bitmap adalah Photoshop dan untuk gambar vector adalah CorelDRAW.

Alasan menggunakan gambar vector untuk mempercantik slide yaitu gambar vector terbentuk dari garis-garis (curves) sehingga nanti saat dimasukan ke dalam slide, gambar itu akan seperti shapes yang mudah diubah bentuk dan warnanya.

Kelebihan menggunakan gambar vector

Kenapa menggunakan gambar vector di slide powerpoint? Tentu karena kelebihannya. Untuk mengetahuinya, kita bandingkan dengan gambar bitmap. Sebagai contoh, kita download gambar icon berlian dari internet. Lalu kita masukkan gambar itu ke dalam slide. Untuk menyesuaikan dengan tema, kita harus mengubah warnanya menjadi biru. Tapi, nyatanya kita tidak bisa mengubah warnanya secara suka-suka karena gambar itu termasuk ke dalam Picture Object.

Berbeda jika kita pakai gambar vector, nantinya gambar itu termasuk dalam Drawing Object. So, dengan pakai gambar vector, kamu bisa ganti warnanya suka-suka, bisa memperbesar atau memperkecil gambar suka-suka tanpa khawatir gambar pecah, bisa menyesuaikan dengan tema presentasi.

Mempercantik Tampilan Slide Powerpoint dengan Gambar Vector

Cara memasukan gambar vector ke dalam slide powerpoint

Untuk memasukan gambar vector ke dalam slide powerpoint, kita membutuhkan gambar vector yang sudah berformat EMF (Enhanced Metafile). Berikut caranya, ikuti ya!

1. Export gambar vector yang akan dimasukan ke dalam slide ke format EMF. Salah satunya bisa menggunakan CorelDRAW. Kamu bisa cari gambar vector di freepik.com.

Mempercantik Tampilan Slide Powerpoint dengan Gambar Vector

2. Buka Powerpoint  Insert ➜ Pictures ➜ Pilih gambar format EMF. Awalnya gambar ini termasuk dalam Picture Object, lalu kita akan ubah agar termasuk ke dalam Drawing Object. Caranya klik kanan gambar yang tadi dimasukkan ➜ Group ➜ Ungroup ➜ Yes.

Mempercantik Tampilan Slide Powerpoint dengan Gambar Vector

3. So, sekarang gambarnya sudah menjadi Drawing Object dan bisa kamu edit suka-suka. Warnai suka-suka, kamu bisa menggukan fitur eyedropper untuk memilih warna pilihanmu. Geser suka-suka. Apapun suka-suka kamu.

Mempercantik Tampilan Slide Powerpoint dengan Gambar Vector


Selesai. Cara ini dapat kamu terapkan untuk mempercantik tampilan slide-mu. Oiya, untuk tips powerpoint yang menarik bisa kunjungi halaman berikut, tips powerpoint. Kamu juga bisa menambah efek parallax dan membuat gambar menjadi bulat agar slide-mu semakin mantap terlihat. Sekian postingan kali ini, semoga cara cerdik ini dapat bermanfaat untukmu ya sob. Sampai jumpa.

1 comments: